Tatap Muka Batal Lagi, Sekolah Telah Terima Surat Edaran

Tatap Muka Batal Lagi, Sekolah Telah Terima Surat Edaran

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Bintang Puspayoga, mengatakan tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Mengajak pemerintah untuk gencar melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada keluarga, masyarakat, serta memperhatikan perlindungan dan pemenuhan hak tumbuh kembang Anak yang Berhadapan dengan Hukum dan Anak Berkebutuhan Khusus. Negara bertanggung jawab dan menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak, termasuk Anak yang Berhadapan dengan Hukum .

Ia mengatakan, guru mengaku sulit mengelola PJJ dan terlalu fokus pada penuntasan kurikulum. Guru juga mengeluhkan waktu belajar yang minim dan sulit berkomunikasi dengan orang tua. Dirinya mengklaim sudah mengingatkan pemerintah sebelum Idul Fitri 2021 terkait potensi lonjakan Covid-19.

Tercatat lebih dari 70 persen orang tua setuju agar pembelajaran tatap muka dilakukan lagi. Melihat situasi tersebut, pemerintah pun membatalkan sekolah tatap muka dan kembali sekolah on-line untuk tahun ajaran baru. Berikut ini beberapa daerah yang membatalkan pembelajaran tatap muka di tahun 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menekankan PTM boleh untuk sekolah di daerah yang aman dari lonjakan kasus Covid-19. Sesuai arahan Presiden, kata Jarot, yang bukan zona merah tetap melaksanakan belajar tatap muka, dua hari dalam seminggu, dua jam dalam sehari pembelajaran. “Kecuali, tiba tiba Sintang masuk zona merah, maka akan kita hentikan lagi belajar tatap mukanya,” katanya.

“Kalau kondisi terus seperti ini, kami mengikuti kebijakan , untuk tatap muka kita tunda,” ujarnya. Ada 1,5 juta peserta didik dan 82 ribu guru di DKI Jakarta, jadi kami harus hati-hati bila membukanya dengan melakukan asesmen,” ujarnya. ” Vaksinasi massal tahap III nanti kita buka untuk masyarakat dan ASN kita yang belum tervaksin. Target kita itu 75 persen, warga kota, karena dengan itulah maka terbentuk kekebalan tubuh kita, sehingga kedepan tidak perlu lagi untuk pakai masker, “paparnya.

Segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pun wajib ditiadakan. Dengan syarat ada izin dari orang tua yang bersangkutan dan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan anak yang mendesak terkait pembelajaran.

Jika kemarin sudah dilaksanakan di dua stasiun yaitu Stasiun Duri dan Angke, maka mulai hari ini ditambah lagi di dua stasiun yaitu Stasiun Jakarta Kota dan Rangkasbitung. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menugaskan BUMD PT Jasa Sarana membantu suplai oksigen ke sejumlah rumah sakit yang mengalami kondisi kritis. Sedangkan kota-kota atau kabupaten di Jawa dan Bali yang tidak termasuk dalam 121 tadi bisa melakukan PTM terbatas sesuai dengan aturan PPKM Mikro.

Upaya menjaga kepentingan terbaik ABH bisa hadir dalam berbagai bentuk, termasuk melalui remisi anak. Oleh karenanya, dalam rangka memperingati HAN 2021, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly memberikan hadiah remisi bagi anak-anak yang sedang menjalani pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak . Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan juga diperuntukan bagi usia remaja yang mengalami putus sekolah. “Remisi anak ini agar anak-anak cepat bertemu kembali dengan keluarganya, dan meminta masyarakat semua agar tidak mengucilkan anak-anak yang pernah mempunyai masalah hukum,” ujarnya. Hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian Kemenhumkan dalam mengedepankan kepentingan anak.

Sekolah dengan tatap muka dibatalkan

Dalam surat edaran tersebut memang dituliskan bahwa penundaan ini belum tahu sampai kapan. Ia mengatakan, sekolahnya memang juga belum termasuk sebagai sekolah yang ditunjuk untuk dibuka pada PTM terbatas 12 Juli mendatang yang sebelumnya telah direncanakan. Demi keselamatan anak-anak dan para guru dari paparan Covid-19, Pemprov DKI Jakarta akhirnya batal menggelar PTM pada Juli ini. Meski PTM dibatalkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan para pelajar tetap mendapatkan materi dari sekolah melalui online. Diketahui, Pemerintah resmi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Point kedua yakni, kebijakan penundaan pembelajaran tatap muka ini akan dievaluasi hingga terlaksanaknya vaksinasi Covid-19 di wilayah Kota Palembang untuk guru, tenaga pendidik, orangtua dan peserta didik sebanyak eighty persen. Selama pembatasan darurat, kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga kampus dilakukan secara daring. Dalam rapat tersebut semua stakeholder memberikan dukungan dengan berbagai catatan. “Tapi yang pasti, kalau Pontianak zona merah, maka akan berpengaruh terhadap semua ibu kota kabupaten kota karena konektivitas dan mobilitas warga. Kalau Sintang masih zona kuning atau orange, proses belajar tatap muka tetap on the track Slot Deposit Pulsa. Kan hanya 2 hari seminggu dan 2 jam per hari,” terang Bupati Sintang saat itu.

Banyak pula orang tua yang gelisah terhadap pergeseran perilaku anak selama PJJ berlangsung. “Kedisiplinannya menjadi bergeser. Kebiasaan bangun pagi untuk sekolah, sekarang anak-anak bangun siang. Ini banyak dikeluhkan orang tua,” tuturnya. GOPOS.ID, GORONTALO – Rencana Pemerintah Kota Gorontalo membuka sekolah pada Bulan Juli untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus dibatalkan.

Leave a Reply