Suggestions Aman Bagi Anak Saat Keluar Rumah Di Masa New Normal

Suggestions Aman Bagi Anak Saat Keluar Rumah Di Masa New Normal

Cukup dengan memanfaatkan alat lukis yang dimiliki anak, Anda bisa melakukan kegiatan melukis bersama anak dengan menyenangkan. Beberapa siswa yang tidak memiliki handphone melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga mereka melakukan aktivitas pembelajaran pun bersama. Mulai belajar melalui videocall yang dihubungkan dengan guru yang bersangkutan, diberi pertanyaan satu persatu, hingga mengapsen melalui VoiceNote yang tersedia di WhatsApp. Materi-materinya pun diberikan dalam bentuk video yang berdurasi kurang dari 2 menit. Namun kendalanya tidak semua orang tua dapat mendampingi anak saat pembelajaran daring dengan beberapa alasan, misalnya orang tua bekerja.

Namun, selama pandemi, si anak harus melakukan berbagai aktifitasnya dirumah. Belum lagi adanya pembatasan diri untuk menghindari kerumunan atau berjaga jarak pastinya menambah kejenuhan bagi setiap anak. Si anak akan merasa tidak memiliki teman belajar, sehingga lama kelamaan akan muncul rasa malas untuk belajar kembali. Setelah beberapa bulan berjalan, banyak sekali keluhan dari orang tua yang disampaikan terutama tulisan-tulisan yang beredar di dunia maya seperti facebook atau instagram.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Ajak seluruh anggota rumah untuk mengikuti kegiatan ini, agar menjadi lebih seru dan menyenangkan. Setiap hari, guru di sekolah biasanya memiliki jadwal piket yang telah disusun untuk siswa di kelas. Orang tua bisa mengadopsi ide ini dengan menjadikan piket di sekolah anak, menjadi bersih-bersih rumah bersama-sama. Tidak hanya menghapus papan tulis seperti biasanya, kita bisa membuat anak bersih-bersih debu di rumah atau menyapu ruang belajar dan kamar tidurnya. Tidak hanya mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan, mereka juga sekaligus meringankan beban pekerjaan rumah, bukan?

Penguatan fungsi keluarga dalam mengasuh anak serta mendampingi proses belajar jarak jauh di rumah menjadi sebuah hal vital yang harus dilakukan selama pandemi. Kebijakan itu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat terutama di sekolah. Merdeka.com – Kebijakan social distancing sudah dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Masyarakat sudah mulai melakukan kegiatan bekerja dari rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Kebijakan ini mengharuskan masyarakat untuk menghabiskan banyak waktu seharian di rumah. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan.

Reisa seperti para dokter di Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan orang tua menunda dulu vaksinasi anak mereka. Anda bisa menggunakan layanan streaming movie yang biasanya memiliki koleksi film ramah anak, dan sesuai dengan umurnya. Anda juga bisa berdiskusi dengan Si Kecil mengenai pesan moral yang ia tangkap dari film yang ia tonton.

Selain itu, speak show ini juga memberikan tips mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka menyambut PJJ tahun kedua. Cara ini bertujuan untuk melatih delicate ability dan membiasakan anak Anda turut andil dalam pekerjaan rumah seperti merapikan tempat Sweet Bonanza tidur, melipat baju, memasak, memperbaiki kerusakan barang dan lain sebagainya. Semua kegiatan tersebut perlu diselingi dengan materi-materi yang dipelajarinya di sekolah. Sebagaimana pepatah, menyelam sambil minum air; sekali dayung dua pulau terlampaui. Tidak hanya bekerja yang membutuhkan tempat yang nyaman, belajar pun demikian.

Bantulah si kecil untuk memotong, merekatkan, dan membentuk kardus menjadi rumah. Anda juga dapat mengajak si kecil menghias rumah-rumahannya dengan krayon, stiker, atau bahan-bahan lainnya agar tampak lebih menarik. Anda hanya membutuhkan beberapa lembar kardus besar dan lakban untuk merekatkannya.

Leave a Reply